create your own banner at mybannermaker.com!
Selamat Datang di Blog TEKKESOL

Senin, 10 Januari 2011

Pertolongan Pertama

Kebanyakan korban kecelakaan meninggal dikarenakan tidak mendapatkan pertolongan pertama pada saat mengalami kecelakaan. Padahal, pertolongan pertama dapat menyelamatkan dan menolong korban selama di perjalanan sebelum mendapatkan perawatan lebih lanjut.
Pemahaman masyarakat mengenai pertolongan pertama masih sangat kurang, karena memang jarang sekali ada pelatihan atau praktik khusus untuk pelatihan keterampilan pertolongan pertama ini.
Pertolongan pertama adalah perawatan pertama yang diberikan kepada orang yang mengalami kecelakaan atau sakit yang tiba-tiba datang sebelum mendapatkan perawatan dari tenaga medis.
Sebaiknya perawatan pertama dilakukan dengan cepat meski perawatan lanjutan sedikit tertunda. Kemudian, harus tepat, artinya pertolongan pertama benar-benar dapat membantu korban, bukan malah menambah sakit korban.
Ketika melakukan pertolongan pertama, usahakan jangan panic, hindarkan atau jauhkan korban dari ancaman kecelakaan berikutnya, perhatikan pernapasan dan denyut jantung korban, perhatikan pendarahan dan tanda-tanda shock pada korban, jangan memindahkan korban secara terburu-buru, dan sebisa mungkin segera transportasikan korban ke sentral pengobatan.

0 komentar:

Posting Komentar