create your own banner at mybannermaker.com!
Selamat Datang di Blog TEKKESOL

Selasa, 04 Januari 2011

Mencegah Wabah Flu Burung

Penyakit flu atau yang biasa disebut pilek pasti sudah pernah Anda alami. Anda pun tidak menganggap penyakit ini berbahaya walau cukup mengganggu kesehatan. Namun bagaimana dengan wabah flu burung? Jangan main-main dengan penyakit yang satu ini. Tak hanya mengganggu kesehatan, tapi flu burung juga bisa mematikan.

Wabah flu burung awalnya merebak sejak sekitar akhir tahun 2003 silam. Awalnya penyakit ini hanya menyerang peternakan unggas, namun akhirnya flu tersebut menyerang manusia dan menyebabkan kematian pada beberapa penderitanya. 

Apakah Flu Burung Itu?
Flu burung adalah salah satu penyakit yang mengganggu pernafasan dan disebabkan oleh virus H5N1. Seperti namanya, penyakit ini adalah penyakit yang menyerang burung atau unggas. Namun, virus flu ini ternyata bisa menyerang manusia dan bisa berakibat fatal.

Ciri flu burung hampir sama dengan flu biasa. Penderita akan mengalami demam yang sangat tinggi, rasa nyeri tubuh, tenggorokan sakit, hidung tersumbat atau pilek, batuk, pusing, dan tubuh menjadi lemas.

Wabah flu burung sendiri awalnya menyerang negara Korea Selatan, Cina, Thailand, dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Pada awal tahun 2004, wabah flu burung mulai menjangkiti Indonesia.

Penyebaran wabah flu burung ini memang sangat mudah, karena cara penularan flu burung ini bisa melalui udara, kontak fisik dengan unggas yang terkena flu burung, maupun kontak langsung dengan makanan atau produk unggas yang tercemar penyakit ini.

Tips Mencegah Flu Burung
Mengingat begitu berbahayanya wabah flu burung ini, Anda harus melakukan beberapa antisipasi sebagai pencegahan flu burung.
  1. Faktor utama penyebaran virus flu burung adalah unggas yang sakit atau terserang flu burung. Hindari kontak langsung dengan unggas tersebut, baik tubuh, produk unggas, maupun kotorannya. 
  2. Jika Anda menemui unggas yang mati, jangan sembarangan mendekatinya. Pakailah masker dan sarung tangan bila ingin membuang unggas tersebut.
  3. Bila Anda kontak langsung dengan unggas yang sakit, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan bilas sampai benar-benar bersih.
  4. Virus flu burung akan mati bila terkena panas yang sangat tinggi. Karena itu, sebaiknya masaklah produk unggas sampai benar-benar matang untuk mencegah flu burung memasuki tubuh Anda.
  5. Salah satu mencegah wabah flu burung agar tidak menyebar semakin luas adalah mengkarantina penderita flu burung. Karena cara penularan flu burung yang sangat mudah, sebaiknya penderita diisolasi atau dikarantina untuk sementara waktu hingga benar-benar sembuh.
  6. Agar Anda tidak terjangkit virus flu burung, Anda harus menjaga kekebalan tubuh Anda. Banyak-banyaklah mengkonsumsi vitamin C yang berperan penting dalam kekebalan dan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar badan selalu sehat. 
  7. Jangan bepergian ke tempat atau negara yang sedang terjangkit virus flu burung. Bila Anda terlanjur pergi dan mengalami flu, segera periksakan diri ke dokter sebagai langkah antisipas. 

0 komentar:

Posting Komentar